Jumat, 24 Juni 2016

Misteri Dibalik Angka 18


          Angka adalah suatu lambang bilangan yang ditentukan oleh nilai tempatnya dalam bilangan itu. Angka modern yang terkenal saat ini adalah hasil perkembangan angka Arab pada  abad ke-12. Al-Kharizmi sangat berperan dalam perkembangan angka modern di Dunia Barat yang kita kenal dengan simbol 1, 2, 3,..
          Bagi sebagian orang angka tidak bermakna apapun, tetapi bagi orang yang memiliki kekentalan budaya ada beberapa angka yang dianggap mitos sebagai mewakili hal-hal yang sial dan pemujaan setan. Namun ada pula yang beranggapan bahwa sebagian angka akan mendatangkan keberuntungan. Nah, di sini saya akan membahas tentang salah satu angka yang dianggap keramat dan membawa keberuntungan oleh sebagian orang yaitu angka 18.
Gambar 1. Angka Delapan Belas

Menurut mereka, angka 18 terdiri dari angka 1 dan angka 8 yang jika dijumlahkan akan menghasilkan angka 9, yang mereka yakini bahwa angka sembilan adalah angka sempura dan memiliki kekuatan supranatural. Ada beberapa misteri dibalik angka 18 dan sejarah apa saja yang terjadi pada tanggal 18, diantaranya :

·         Pukul 18.00 adalah waktu magrib. Dimana matahari terbenam dan burung-burung bernyanyi mengucapkan selamt tinggal siang dan selamat datang malam, dan ada yang berpendapat bahwa di waktu \pergantian siang ke malam ada kejadian supranatural.

Gambar 2. Pukul 18.00
Menurut kepercayaan nenek moyang bahwa keluar pada waktu magrib itu tidak boleh karena takut diculik oleh genderewo, tapi saya pernah mendengar dari guru ngaji saya bahwa pada waktu magrib adalah waktu dimana setan keluar untuk mengganggu manusia sehingga ketika waktu magrib tiba maka semua orang harus berada di rumah, menutup rumah rapat-rapat dan tidak boleh ada aktivitas diluar rumah, dan jika ada sisa makanan maka makanan tersebut harus di tutup supaya tidak ada campur tangan setan dalam makanan kita.

·         Menurut kepercayaan bangsa China (shio china), mengatakan bahwa angka 18 merupakan bauran angka ganjil dan genap / capuran maka karakteristik orang pemilik angka kelahiran ini simbolnya sulit untuk diterjemahkan dan tergambar sebagai bulan bersinar yang meneteskan darah. Pada tahun kabisan penalaran nagka 18 ini digambarkan oleh seekor serigala dan anjing yang mencium aroma darah langit dan ia memastikan bahwa darah itu akan menetes dan akan jatuh pada mulutnya yang terbuka. Dan katakter angka 18 juga diartikan sebagai paham Materialisme (kebendaan) yang bekerja keras untuk saling menghancurkan atau mengungguli sisi spiritual.

·         Menurut buku angka-angka keramat, amgka 18 ini dihubungakan dengan seseorang yang mengalami pertenkaran pahit bahkan dengan orang-orang yang ada didalam keluarga, peperangan, pergerakan sosial, repolusi, dan menandakan upaya untuk mencari uang.
Gambar 3. Menurut Shio China

·         Dalan primbon sunda, lahir pada tanggal 18 menunjukan hidupnya penuh perubahan, aktivitas dan perjuangan. Suka bertanggung jawab terhadap kesejahteraan orang banyak atau komunitas, dan suka menolong. Angka depapan belas itu terdiri dari angka satu dan angka delapan, jika dijumlahkan 1 + 8 = 9 maka dapat diartikan : 1 melambangkan kemandirian (tidak suka dengan nasehat dan jarang membutuhkannya), 8 melambangkan efisiensi (tertarik dengan bidang luar yang membutuhkan administrasi efisien) dan 9 melambangkan perikemanusiaan. Orang yang lahir pada tanggal 18 juga memiliki sifat emosional yang agak tinggi, menyukai logika serta argumentasi sehingga cocok sebagai kritikus drama, penulis dan pembicara.
·         Menurut primbon Jawa, orang yang sedang haid pada tanggal tertentu akan menentukan keberuntungan dalam hidupnya. Primbon ini, menurut Sapta Wara disebut sebagai primbon haid.
Orang yang awal haidnya pada tanggal 18 maka mendapat halangan dan rintangan selama masa haid berlangsung, dan jika haidnya diawali pada pukul 18.00 maka tidak akan puas dalam setiap hal yang dia lakukan.

·         Ada yang berpendapan bahwa 30 juz yang ada dalam al-quran bisa memprediksi karakter seseorang sesuai dengan tanggal lahir. Karena saya membahas angka 18, jadi saya hanya membahas karakter seseorang yang lahir pada anggal 18 yang berpandangan pada juz 18.
Secara umum karakter dan potensi dasar dari jus 18, diantaranya sebagai berikut :
Ø  Mudah taat, kepercayaan kuat dan suka spiritual (Al-Mu’minun)
Ø  Umumnya teliti, cenderung berbicara blak-blakan, lama hilang dalam benaknya kejadian yang menimpanya, apa adanya dan jika tidak terkendali mudah menilai (An-Nur)
Ø  Kritis dan suka membandingkan (Al-Furqan)
Gambar 4. Karakter Diri Dibalik Juz
Al Quran
Sehingga orang yang lahir pada tanggal 18 memiliki karakterik : normatif, sensitif dan bersifat feminim, fanatik terhadap sesuatu yang diyakini, namun mudap terpancing emosinya, mudah memberikan jalan keluar, cermat memilah masalah, dapat menjadi pendengar setia namun dapat mudah tersinggung, mudah mengungkit-ungkit masalah dan gampang menyalahkan.
Tetapi, pemahaman diatas berlaku bagi kalender hijriah. Bagi yang lupa tanggal lahirnya di kalender hijriah dan hanya ingat tanggal lahir di kalender masehi, cari tahu dulu tanggal berapa kalian lahir di kalender hijriah. Mungkin saja, tanggal lahir hijriah Anda  tanggal 18.

·         Kalau diatas mementukan karaker seseorang dari kalender hijriyah, kalau ini menentukan karakter seseorang dari kaleleder masehi. Orang yang lahir pada tanggal 18, memiliki karakteristik dalam kehidupan dan percintaan sebagai berikut:
Kehidupan : merupakan orang yang tenang dan ceria tetapi kadang-kadang, Anda akan menunjukan karakter ceria dalam keadaan mood kalian baik, di sisi lain ketika mood Anda jelek maka jangan berani dekat-dekat dengan Anda karena fluktuasi emosi Anda dan karakter Anda yang terus terang beberapa orang akan sulit menerima keadaan Anda.
Percintaan : Anda akan susah menyatakan perasaan pada lawan jenis betapapun Anda menyukainya. Pasangan Anda cenderung juga demikian, sehingga hubungan Anda akan sulit berkembang. Tergantung waktu. Ketulusan Anda menjadikan Anda menarik.

·         Format baris al quran (mushaf usmani) memiliki 18 baris, kecuali halaman 2, 3 dan 485.
Gambar 5. Format Baris Al Quran

·         Angka kembar dalam jam digital mempunyai makna supranatural tentang percintaan seseorang. Angka 18 yang kembar pada jam digital “18:18” dapat diartikan berjodoh dengan pasangan kita, tapi ini hanya berlaku  jika kita melihat jam 18:18 itu secara tidak sengaja.
Jika kita oprasikan jam 18:18 menjadi 1 + 8 = 9 dan 1 + 8 = 9 maka akan membentuk angka 99 yang merupakan jumlah Asmaul Husna dan dipercayai oleh umat islam jika suatu kejadian yang berkelipatan 99 merupakan peringatan dari Allah agar lebih dekan dengan-Nya. Kemudian kita oprasikan lagi angka 99 menjadi 9 + 9 = 18 maka hasilnya akan membentuk angka semula.
Gambar 6. Jam Kembar Digital
·         Angka 18 dalam bentuk angka arab yang terdapat pada telapak tangan memiliki makna tersendiri.
Gambar 7. Garis pada Telapak Tangan
Setiap orang pasti memiliki garis tangan. Perhatikan telapak tangan kita, maka akan terlihat garis yang membentuk I/\ dan /\I (dalam angka arab, yang berarti : 18 dan 81). Apabila kita jumlahkan 18 + 18 = 99 (kita tahu bahwa 99 itu adalah jumlah Asmaul Husna Allah).
Jika tangan kiri diatas dan tangan kanan dibawah, kemudian kita kurangi 81 – 18 = 63 (kita tahu bahwa 63 adalah usia Nabi Muhamad SWT). Bila angka 18 dan 81 disandingkan akan membentuk angka 1881, yang merupakan kelipatan 19 yang ke-99 (19 x 99 = 1881) dimana kita tahu bahwa angla 19 salahsatu fenomena yang terjadi didalam al quran (salah satu kemukjizatan al quran).

·         Isi kandungan yang terdapat dalam surat ke-18 dan surat ke 81 :
Ø  Surat ke-18 adalah Al-Kahfi :
-       Keberanian masa muda yaitu perpaduan antara kekuatan ruhani, akal dan jasmani.
-      Kekuatan perekonomian, modal atau harta yang menjadi sarana terlaksananya akifitas dakwah, dan mudahnya urusan Islam dan kaum muslimin.
-      Kekuatan Ilmu untuk mengenali, meluaskan, dan menerapkan kebenaran di setiap lini kehidupan masyarakat. Bagai sinar matahari yang selain mengusir kegelapan juga memberi manfaat bagi makhluk dan alam semesta.
-      Kekuatan kekuasaan berupa penerapan hukum-hukum yang sejalan dengan prinsip Islam, dan ketegasan di dalam menindaki setiap oknum yang bersalah tanpa pandang bulu. Serta perhatian yang besar dalam mensejahterahkan masyarakat baik secara materi ataupun non materi.
-       Kekuatan Iman berupa fitrah Islam atau aqidah atau tauhid yang menjadi kekuatan mutlak harus ada di setiap lini, sisi, potensi, jiwa, langkah, pergerakan, warna, pemikiran, tindakan dan ucapan baik yang nampak atau tersembunyi, materi atau non materi, besar atau kecil.
Ø Surat ke-81 adalah At-Takwir:
-    Kegoncangan-kegoncangan yang terjadi pada hari kiamat
-    pada hari kiamat setiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerja- kannya waktu di dunia
-    Al Quran adalah firman Allah yang disampaikan oleh Jibril a.s. dan penegasan atas kenabian Muhammad SAW
-     Al Quran sumber petunjuk bagi umat manusia yang menginginkan hidup lurus.
-    suksesnya manusia dalam mencapai kehidupan yang lurus itu tergantung kepada taufiq dari Allah.
·         Puisi misteri angka 18 :
Gambar 7. Cover Puisi Misteri Angka 18

Di sepotong kedap sunyi hari getaran itu berhenti pada sebuah...
NAMA, sebangai judul terindah dengan narasi panjang, dengan nama itu aku temu bahasa yang paling bisu di semenanjung kata yang menuntut jalam keluar dengan selip doa-doa hingga ciuman wangi hujan

Dengan nama itu tiap-tiap lampu jalan, jembatan juga umbul-umbul adalah denyut yang tenang di degup suara alam, tak peduli suaranya gemetar karena dingin hujan

Dengan nama itu,disampingku hari itu tak ku bedakan antara jembatan, lampu jalan atau mbul-umbul, atau aku adalah resiko kaku terhadap gagasan

Dengan nama itu, apabila selain jalan sunatullah di bilangan “angka 18” : sulam kelahiran dan aku masih bernapas ....  (John Afifi : Hikamah dan Misteri Angka 18)

Makna puisi :
Kelahiran seseorang sudah menjadi ketetapan Allah yang akan selalu disambut dengan gembira oleh makhluk dan alam. Kenapa penulis mencantumkan angka 18? Menurut saya itu adalah tanggal dimana dia lahir ke dunia ini.

·         Kejadian-kejadian yang bersejarah pada tanggal 18 November :
Gambar 8. Kalender Masehi
Ø 1307 : menurut legenda, pemanah Swiss (William Teal) berhasil memanah apel yang berada di atas kepala anaknya dalam satu kesempatan.
Ø 1886 : kematian Chester A. Arthur, Presiden AS ke-21.
Ø 1897 :  kelahiran Patrick Blackett, fisikawan Britania, penerima Penghargaan Nobel.
Ø 1906 : kelahiran George Wald, kimiawan Amerika Serikat, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran.
Ø 1940 : kelahiran Qaboos ibn Sa’id, Sultan Oman.
Ø 1941 : kematian Walther Nernst, kimiawan Jerman, penerima Penghargaan Nobel
Ø 1941 : kematian Chris Watson, Perdana Menteri Australia ketiga.
Ø 1945 : kelahiran Mahinda Rajapaksa, Presiden Sri Lanka.
Ø 1962 : kelahiran Kirk Hammett, gitaris grup musik Metallica
Ø 1962 : kenmatian Niels Bohr, fisikawan Denmark, penerima Penghargaan Nobel
Ø 1965 : kematian Henry A. Wallace, Wakil Presiden AS.
Ø 1963 : kelahiran Peter Schmeichel, Kiper Negara Denmark
Ø 1989 : kelahiran Marc Albrighton, pemain sepak bola Inggris.
Ø 1991 : kematian Gustáv Husák, Presiden Cekoslovakia
Ø 1995 : kelahiran Vania Larissa, pemenang Miss Indonesia 2013
Ø 2002 : kelahiran Alfina Deux Grenada, Pelajar Indonesia.
Ø 1921 : Muhammadiyah didirikan di kampung Kauman, Yogyakarta oleh K. H. Ahmad Dahlan.
Ø 1918 : Lanvia merdeka dari Rusia.
Ø 1993 : di Afrika Selatan, 21 partai politik mengakui konstitusi baru.
Dan satu hari paling penting untuk Dunia ini terjadi pada tanggal 18 November 1996 yang merupakan kelahiran saya.



DAFTAR PUSTAKA

Uzi. (2007). Angka Delapan Belas [Online]. Tersedia : http://botsu.blogspot.co.id/2007/06/angka-delapan-belas.html [13 Juni 2007].

Jayputra. (2012). Misteri Angka Kelahiran Manusia Menurut Al Quran [Online]. Tersedia : https://jayputra9.wordpress.com/2012/11/30/misteri-angka-kelahiran-manusia-menurut-al-quran/ [30 November 2012]

Shahidulhaq. (2015). Arti Tanggal Lahir [Online]. Tersedia : http://santrigaul.net/arti-tanggal-lahir/ [9 Desember 2015]

Kangbako. (2012). Puisi Misteri Angka 18 [Online]. Tersedia : http://kanggalo.blogspot.co.id/2012/12/misteri-angka-18-puisi.html.

Anonym. (2008). Karakter dan Kompetensi Dasar [Online]. Tersedia : https://asar2008.wordpress.com/2008/08/01/juz-18-2/



9 komentar:

  1. Bagi sebagian orang angka tidak bermakna apapun, tetapi bagi orang yang memiliki kekentalan budaya ada beberapa angka yang dianggap mitos sebagai mewakili hal-hal yang sial dan pemujaan setan.

    https://depos128.com/download-s128-apk/

    BalasHapus
  2. AsAssalamualaik.wrb..! Perkenalkan nama saya (M) . Saya memiliki tanda lahir di ibu jari tangan kiri ,bertuliskan angka Arab 18,saya memiliki kekuatan melihat masa depan atau sebaliknya yang kadang terjadi dan kembali ulang kejadian,kadang-kadang biasanya muncul pada saat saya lagi mimpi, seperti contohnya kota Palu di landa tsunami, saya mau nanya nih kalo mau mengasah kekuatan seperti itu gimana caranya. Terima kasih salam dariku (M)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh.. Ia saya (M).. Saya lupa kasih tau semua kepribadian yang kau tulis.. Itu semua kepribadian saya.. Dan 1 hal lagi tujuan hidupku mengungkap misteri dunia.. Untuk mengungkap misteri dunia saya memiliki kunci yaitu Al - Qur'an

      Hapus
  3. 18 agustus 1989
    Dimulai dari hari itula beni" misteri dalam cerita hidupku kumulai dari aku yg hanya bisa merepotkan orang lain. Hingga aku yg saat ini ingin jadi berguna untuk orang lain.

    BalasHapus
  4. Sy juga lahir tanggal 18 Desember 1997. Dn sy bangga dgn angka kelahiran sy ini. Krn banyak trjdi peristiwa d tanggal ini dn punya banyak arti yg bagus

    BalasHapus
  5. Sy lahir di bulan suci Ramadhan, tgl 18-November-2002,Pas pada saat ketika adzan Maghrib baru di kumandangkan.

    BalasHapus
  6. Gw lahir April 18 2001 saat matahari terbit. Hidup gw penuh rintangan banget :') tapi gw terkadang bisa menerima rintangan" dan terkadang tidak, ada hal l - hal yang selama aku hidup ini ada yang tidak bisa kuterima, yaitu kematian ayahku, he leave me, just because he want to going to heaven. Gw dulu anak yang ceria tapi sekarang aku jadi anak yang biasa aja, aku tidak suka banyak bicara, kesepian. Tetapi dalam semua itu, tuhan memberiku bakat yang luar biasa dan aku menerima. Aku merasa hidupku penuh keberuntungan, tapi aku tidak bisa mengelola keberuntungan itu. Aku hanya ingin membuat ibuku tersenyum karena diriku, tetapi aku tidak tahu bagaimana

    BalasHapus